Minggu, 17 Maret 2013

Posisi Kaliper di RDB

Tips Posisi Kaliper di RDB
Sperti yng kita ketahui, kaliper berfungsi menjepit/menggesek disk cakram pada saat berputar sehingga mengurangi kecepatan perputaran roda. Kaliper bekerja setelah menerima tekanan minyak rem yang dipompakan oleh master rem. Kaliper ada yng 1 piston, 2 piston, 4 piston, 6piston. Smakin banyak piston maka smakin pakem rem cakram tersebut. Saat ini sudah bnyak mtor bebek yang pke RDB dri pabriknya. Dn bagi mtor yng blum pke RDB pabrikan, modifikasi RDB banyak diminati untuk mnambah aura sporty. Kmudian ad prtanyaan akan memasang kaliper di atas atau dibwah??? Lbih baik yng mna???
Ini adalah kelebihan dn kekurangannya
Kaliper di atas
1.      Rem kurang respon, tidak se-respon kaliper di bawah. Biasanya untuk mtor harian.
2.      Biasanya digunakan untuk mtor monoshok, sehingga pmasangan kaliper lbih bebas.
3.      Sisa gesekan kampas dngan disk lngsung jatuh ke tanah, sehingga tdak mngotori kolong kaliper.
4.      Aman dari banjir, tntunya apabila airnya tidak tinggi.
5.      Dari segi tampilan, terhalang knalpot. Sehingga trasa kurang aura sportnya.

 Kaliper di bawah
1.      Rem menjadi responsif. Biasanya untuk mtor balapan (sperti moto GP).
2.      Biasanya digunakan untuk dualshok, karena tdak terlalu makan tmpat.
3.      Sisa gesekan kampas dngan disk jtuh ke kolong kaliper. Shingga saat cuci motor, kolong    kaliper perlu di bersihkan.
4.      Rawan kena banjir, karena posisinya di bawah.
5.      Dari segi tampilan, tdak terhalang knalpot. Sehingga trasa aura sportnya kalau di lihat dari smping.



Begitulah kira2 be2rapa kelebihan dn kekuranganya. Untuk kaliper bawah terbentur di ground, menurut gue ga bkalan terjadi. Krena posisi kaliper jauh lebih tinggi dri velg, sehingga ga bakalan kena ground (brdasarkn pngalamn gue). Kcuali di jalannya ad lubang, ya bisa jdi terbntur. Dan pndapat orang2 kaliper bawah selang rem nya hrus lbih panjang, mnurut gue “gak”. Karena selang posisinya diubah, klo biasanya kaliper bwah selangya dari kaliper (tnpa di rubah) keblakang baru lewat atas dn ke dpan. Agar selang remnya mncukupi, posisi selangnya harus dirubah. Dari kaliper (di rubah) di bawah langsung ke depan. 

Smoga bermanfaat masBro.,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar